Jumat, 07 Desember 2012

Emas Diakhir 2012


Harga emas di persimpangan, bearish atau bullish?

Sulit menebak bagaimana arah pergerakan harga emas saat ini. Krisis utang Benua Biru yang semakin memburuk serta perlambatan ekonomi di sejumlah negara besar dunia menyebabkan emas kehilangan statusnya sebagai instrumen investasi safe haven. Di tengah ketidakpastian ekonomi dan krisis global, rupanya investor cenderung melakukan likuidasi investasi emas dan memilih menyimpan dollar AS. 

Hal ini berbeda dengan kondisi tahun lalu, di mana investor ramai-ramai mengoleksi emas untuk melindungi kekayaannya dari gejolak perekonomian Eropa dan Amerika Serikat. Tak pelak, harga si kuning pada tahun lalu beberapa kali berhasil memecahkan rekor tertingginya. Tepatnya, pada 6 September 2011, harga emas bertengger di level US$ 1.920,30 per troy ounce, tertinggi sepanjang sejarah.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai arah harga emas ke depannya, mari kita lihat pergerakan harga emas sepanjang tahun ini hingga 7 Agustus lalu.

Wakil Kepala Riset Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere mengungkapkan, sepanjang tahun 2012 berjalan ini, harga emas telah naik 1,5% setelah terjadi tekanan signifikan sejak Januari saat emas mengalami lonjakan 15% pasca pernyataan the Federal Reserve yang menyatakan akan mempertahankan suku bunga nol persennya setidaknya hingga akhir tahun 2014.

“Rilis yang mengecewakan pada data nonfarm payrolls AS dan indikasi lemahnya perekonomian global meningkatkan kekhawatiran bahwa deflasi akan menekan harga emas dengan tajam. Ini mengingatkan pada situasi di tahun 2008, di mana harga emas merosot seketika hingga lebih dari 30% saat terjadinya krisis ekonomi global,” jelas Nico.

Jika dilihat pergerakannya, pada awal tahun harga emas memang sempat menanjak. Posisi harga emas per 3 Januari 2012 di Comex, New York, berada di level US$ 1.612,20 per troy ounce. Angka tersebut lebih tinggi dari posisi harga emas pada akhir tahun 2011 yang berada di level US$ 1.563,79 per troy ounce. Pada waktu itu, lonjakan harga si kuning mentereng ini disebabkan oleh peningkatan risiko geopolitik di Timur Tengah. Pemicunya, Iran terus melanjutkan program nuklir di negaranya. Kondisi ini yang kemudian meningkatkan permintaan emas sebagai aset teraman.(kontan)

Dunia rahasia Bank Sentral emas

Sementara banyak yang terpaku pada gagasan disproven bahwa emas tidak relevan untuk keuangan modern, transaksi misterius di pasar emas global menunjukkan bahwa emas masih penting untuk beberapa entitas yang sangat kuat.

Menurut mantan Ketua Federal Reserve Alan Greenspan, “emas masih memegang memerintah atas sistem keuangan sebagai sumber utama pembayaran.” Presiden Bank Dunia Robert Zoellick telah menganjurkan sebuah rezim mata uang baru global yang mempekerjakan emas sebagai “titik referensi internasional dari ekspektasi pasar tentang inflasi, deflasi, dan nilai mata uang masa depan.” Bank-bank sentral di seluruh dunia, terutama Cina, secara aktif memperluas kepemilikan emas mereka, sebagai cadangan mata uang fiat utama terus sinyal jangka panjang kelemahan struktural.

Emas adalah seperti pankreas: Sedikit orang yang tahu apa yang dilakukannya, namun itu sangat diperlukan untuk sistem berfungsi dengan benar. Jadi bayangkan saja bahwa dokter Anda mengatakan Anda pankreas Anda tidak dapat diperiksa.

Itu tepat di mana emas hari ini. Sistem keuangan global tidak diketahui persis untuk transparansi, tetapi emas mungkin aspek yang paling tertutup dan rahasia.

Chris Wood, perusahaan broker CLSA Asia-Pacific Markets, memecahkan sebuah cerita signifikan baru-baru ketika ia melaporkan bahwa bank sentral Belgia mengakui telah dipinjamkan 41% cadangan emas bank pada akhir 2010. Bank dilaporkan hanya memperoleh 0,3% atas pinjaman itu – yang juga menimbulkan pertanyaan yang sah tentang mengapa itu membuat mereka. Lebih penting lagi, kita sekarang memiliki bukti bahwa setidaknya satu praktik bank sentral apa yang pengamat pasar banyak emas seperti Anti-Trust Action Committee Emas (gata) telah lama dicurigai. (partang)

 http://www.asiachart.com/commodities.html


Sementara itu, para pedagang terus memantau perkembangan seputar “tebing fiskal” menjulang di Amerika Serikat, sekitar USD600 miliar pada kenaikan pajak dan pemotongan belanja otomatis karena mulai berlaku pada tanggal 1 Januari.

Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid ketakutan investor Selasa setelah mengatakan bahwa telah ada “sedikit kemajuan” yang dibuat ke arah mencapai kesepakatan pada akhir tahun. Ada kekhawatiran ekonomi AS akan jatuh kembali ke dalam resesi, kecuali Kongres dibagi dan Gedung Putih dapat bekerja keluar kompromi dalam lima minggu lagi sebelum batas waktu 1 Januari.

Keraguan atas kesepakatan utang Yunani juga ditimbang. Pemberi pinjaman konstitusi Yunani mencapai kesepakatan Selasa untuk mengurangi utang-target pengurangan Yunani oleh EUR40 miliar menjadi 124% dari produk domestik bruto pada tahun 2020. Tetapi kurangnya detail tentang bagaimana Yunani akan menerapkan reformasi yang diperlukan untuk memenuhi target baru utang penyok kepercayaan investor.
Berita itu mendorong investor untuk menghindari aset-aset berisiko, seperti saham dan komoditas, dan berduyun-duyun ke tradisional aset safe haven seperti dolar AS.

Indeks dolar, yang melacak kinerja greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, naik 0,2% diperdagangkan pada 80,56. Dolar AS yang lebih kuat biasanya beratnya di emas, karena mengimbangi daya tarik logam sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar