Kamis, 18 Agustus 2011

Emas reli ke rekor penyelesaian akibat perlambatan ekonomi picu permintaan investor

Emas berjangka naik ke rekor penyelesaian lantaran melambatnya perekonomian Eropa mendorong permintaan untuk logam mulia sebagai alternatif investasi yang lebih aman.

Perekonomian Jerman, yang terbesar di Eropa, hampir terhenti pada kuartal kedua akibat krisis utang menekan kepercayaan. Jerman dan Perancis bekerja berdasarkan usulan bersama untuk mempertahankan euro, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy hari ini mengatakan.

"Emas adalah pertahanan klasik ketika ada kekhawatiran tentang ekonomi," kata Dave Meger, direktur perdagangan logam di Vision Financial Markets di Chicago, dalam sebuah wawancara melalui telepon. "Komentar dari Sarkozy memberikan dukungan lebih lanjut."

Emas berjangka untuk pengiriman Desember naik US $ 27 atau 1,5 persen, hingga ditutup pada $1.785 per ons jam 1:45 pm di Comex di New York. Itulah penyelesaian tertinggi yang pernah ada selama ini. Emas telah melonjak 46 persen dalam setahun terakhir, mencapai rekornya $1,817.60 pada 11 Agustus.

Ekuitas global turun untuk pertama kalinya dalam empat sesi disebabkan Perancis dan Jerman mengatakan mereka akan mengusulkan pajak transaksi keuangan dan menolak penjualan obligasi Eropa biasa.

"Masih terlalu banyak ketidakpastian makro pada saat ini, ditandai gambaran ekonomi yang mengendur," kata Andrey Kryuchenkov, seorang analis di VTB Capital di London, dalam sebuah laporan.

Perak berjangka untuk pengiriman Desember naik 51,1 sen, atau 1,3 persen, ke $39,848 per ons di Comex. Harga ini telah naik lebih dari dua kali lipat dalam 12 bulan terakhir.

Di New York Mercantile Exchange, paladium berjangka untuk pengiriman September naik $ 10,15, atau 1,4 persen, ke $756,50 per ons. Platinum berjangka untuk pengiriman Oktober menguat $20,90, atau 1,2 persen, menjadi $1,818.10 per ons di Nymex. Sebelumnya, menyentuh $1.828, level tertinggi sejak 13 Juni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar