Jumat, 26 Agustus 2011

Menanti Statemen Gubernur Federal Reserve Ben Bernanke. Apa pernyataan yang paling ditunggu global?


Bernanke akan berpidato di Jackson Hole, Wyoming pada Jumat (26/8) pukul 10 pagi waktu setempat. Pidato ini menjadi suatu hal yang dinanti-nanti banyak pihak, karena diharapkan dapat menjawab kekhawatiran pelaku pasar atas perkembangan situasi ekonomi global yang terjadi akhir-akhir ini
.
Inilah beberapa hal yang ingin diketahui para bankir bank sentral dunia dari pidato paling penting ini.

1.) Apakah The Fed akan membeli obligasi lanjutan?

Setelah bank sentral membeli US$ 1,7 triliun sekuritas hipotek antara Desember 2008 dan Maret 2010, kemudian US$ 600 miliar Treasurys antara November dan Juni, pembelian obligasi lan
jutan merupakan hal yang paling ingin diketahui pasar.

Quantitative Easing jilid pertama (QE1) mempertegas kesuksesan. Sementara QE2 masih bera
da antara positif atau negatif, tergantung bertanya pada pihak siapa.

Bernanke mengatakan kepada Kongres pada Juli lalu bahwa obligasi lanjutan merupakan pilihan. Namun, pernyataan yang dibuat The Fed pada 9 Agustus kemarin, membuka kemungkinan lain.

2.) Akankah The Fed memperpanjang durasi portofolio obligasi yang sudah dimiliki?

Beberapa analis menjulukipendekatan ini "Operasi twist 2.0," dan Bernanke menyebutkan adanya kemungkinan pendekatan ini pada Juli kemarin dalam sebuah pidato kepada Kongres. Ia juga berbicara panjang lebar tentang pendekatan, kembali pada 2002.

Operasi Twist pertama terjadi pada pemerintahan JFK, ketika Fed menjual Treasurys jangka pendek dan membeli obligasi jangka panjang.

Inti dari idenya adalah membawa imbal hasil obligasi jangka panjang lebih rendah, sehingga bisa mendorong investasi. Kemudian imbal hasil obligasi 30 tahun kurang dari 3,60% pada Kamis, sehingga imbasnya dapat diminimalisir.

3.) Akankah Fed memotong bunga yang dibayarkan ke perbankan, yang memarkir uangnya di bank sentral?

Ini adalah pilihan lain yang juga dibahas Bernanke Juli kemarin. Idenya di sini adalah mengurangi insentif yang diterima bank yang menganggurkan dana, ketimbang meminjamkan uang di brankas mereka.

Mengingat Fed hanya membayar bunga 0,25%, tidak jelas seberapa sukses pendekatan yang dicapai, kecuali Fed mulai membebani biaya untuk perbankan yang memiliki dana tidur.

4.) Akankah Fed menetapkan target inflasi?
Ini adalah pilihan kebijakan dilematis. Menetapkan target numerik eksplisit untuk inflasi dapat mengurangi kekhawatiran bahwa program QE The Fed akan memicu inflasi yang lebih besar. Namun, bagaimanapun, sasaran inflasi resmi bisa berarti The Fed akan didorong dalam sebuah aksi, ketika harga tidak melaju secepat prediksi semula.

Target inflasi yang lebih radikal, seperti yang disarankan Kepala cabang The Fed New York William Dudley, akan memungkinkan adanya periode "mengejar" inflasi di atas target, ketika pertumbuhan harga meleset dari target untuk jangka waktu selanjutnya.

5.) Apa yang terjadi dengan ekonomi global?

The Fed belum benar-benar melihat topik ini cukup relevan dibahas. Dikatakan awal bulan ini bahwa pada dasarnya, perekonomian akan buruk selama dua tahun, tapi tidak mengatakan mengapa. Apakah karena hanya karena gempa bumi di Jepang atau kenaikan harga komoditas yang terlihat sejak awal tahun.

Ref:sgn+i.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar