Jumat, 15 Juli 2011

KAPAN PELUANG SPOT GOLD BEARISH ?



Harga emas berjangka Comex berakhir sesi hari Kamis AS sedikit lebih tinggi dan mencetak rekor sepanjang masa baru tertinggi di $ 1,594.90 pada basis kontrak berjangkaa Agustus. Perak selesai lebih tinggi dan mencatat sembilan minggu tertinggi baru dengan harga yang ditutup pada $ 40,00 per ons. Permintaan Safe haven investasi kembali ditampilkan di tengah krisis utang negara Uni Eropa dan perdebatan pemerintah AS seputar limit utang. Tapi penurunan tajam pada harga minyak mentah agak membatasi kenaikan di logam mulia pada hari Kamis. Emas Agustus terakhir diperdagangkan naik $ 4,40 pada $ 1,589.90 per ounce. Spot emas terakhir diperdagangkan naik $ 6,90 per ounce pada $ 1,590.00. Perak Comex Desember terakhir diperdagangkan naik $ 0,552 di $ 38,72 per ounce.

Logam mulia mundur turun dari tertinggi harian mereka di akhir sesi perdagangan Kamis pagi ketika Ketua Federal Reserve, Ben Bernanke mengatakan kepada Kongres bahwa saat ini belum ada rencana Fed untuk melaksanakan pelonggaran kebijakan moneter AS. Pada hari Rabu, Bernanke mengatakan kepada Kongres pelonggaran moneter lebih lanjut akan mungkin diperlukan jika perekonomian AS terus melambat. Indeks dolar AS bergerak menguat dari level rendahnya menyusul komentar Bernanke tersebut, dan dengan harga minyak mentah yang turun, pada gilirannya menekan downside pada harga emas dan perak.

Penurunan harga pada logam mulia juga sangat mungkin karena tekanan dari beberapa profit taking mengikuti keuntungan yang solid pada sesi sebelumnya sehingga membuat harga pada hari kamis pagi melaju ke rekor baru sepanjang masa. Berita Rabu malam bahwa Moody mengeluarkan peringatan untuk rating AAA utang pemerintah AS adalah yang terbaru dalam serangkaian peringatan dari lembaga pemeringkat pada krisis utang Uni Eropa. Peringatan Moody pada utang AS tidak memberikan kejutan besar ke pasar, tapi apa mengeseran fokus pasar dunia pada upaya pemerintah AS untuk membatasi utang.

Peringatan Moody pada utang AS mengingatkan bullish pada logam mulia bahwa pasar mata uang saat ini mulai goyah dan emas yang adalah mata uang historis yang mendunia. Mata uang Euro mulai stabil setelah hit terendah 3,5 bulan pada Selasa. Para pemimpin Uni Eropa dijadualkan untuk bertemu pada hari Jumat, dan ada juga beberapa hasil tes stres bank Eropa yang akan dikeluarkan pada hari tersebut, Sementara index dollar turun setelah komentar dari Bernanke atas kemungkinan program QE3.

Ada begitu banyak kekhawatiran tentang pasar obligasi dimana kemungkinan besar akan menjaga investor tetap tertarik dalam logam mulia," kata trader yang berbasis di Singapura, sementara memperingatkan bahwa breakout harga dapat memicu volatilitas yang lebih besar.

Sumber stt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar