Selasa, 24 April 2012

Fokus Pada Rapat FOMC, Emas Bergerak Sempit Kisaran $1640/oz

 Emas bergerak di kisaran $ 1640/oz pada hari Senin setelah data pagi ini menunjukkan stabilisasi pada aktivitas pabrikan di China, sementara investor fokus pada pertemuan kebijakan Federal Reserve AS akhir pekan ini untuk mengukur kesehatan ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Emas turun 1 persen pekan lalu, bergerak seiring dengan ekuitas dan komoditas lainnya karena muncul kembali rasa takut tentang krisis utang Spanyol yang menimbulkan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global dan meredam minat terhadap resiko. Aktivitas manufaktur China stabil di bulan April dengan meningkatnya output produksi, bisnis baru naik dari terendah multi-bulan dan pesanan ekspor juga menguat, HSBC Flash Purchasing Manager Index mengatakan, sesuai dengan harapan. 

Emas tampaknya hanya akan ditransaksikan berdasarkan sentimen eksternal untuk saat ini," kata Nick Trevethan, strategist komoditas senior dari ANZ di Singapura. Masih ada tekanan untuk harga emas. Pasar telah mencoba untuk mendorong ke level support $ 1630/oz - $ 1640/oz, meskipun tekanannya masih agak setengah hati.

Sikap the Fed terhadap pelonggaran moneter telah menjadi faktor kunci di balik fluktuasi harga emas dalam beberapa bulan terakhir. Jika Fed memberikan setiap petunjuk tentang pelonggaran moneter lebih lanjut pada pertemuan Selasa dan Rabu, harga emas akan melompat dengan cepat.

Spot emas sedikit berubah pada $ 1642.04 per ounce pukul 10:11 WIB. Harga telah bergerak dalam kisaran $ 3 di Asia sejak awal perdagangan hari ini. Emas AS diperdagangkan hampir flat di $ 1643.20/oz. Investor tetap mengkhawatirkan kesehatan fiskal negara-negara Eropa. Imbal hasil obligasi Spanyol dan Italia masih di dekat tingkat tertinggi yang berbahaya, sementara prospek calon pemenang pemilihan presiden Prancis dari partai Solisalis menambah kekhawatiran apakah sekutu Franco-Jerman yg telah membantu dlm mencoba menyelesaikan permasalahan fiskal di wilayah ini akan tetap solid. 

Selama akhir pekan Dana Moneter Internasional berhasil melipat gandakan daya pinjaman dalam upaya untuk melindungi ekonomi dunia dari krisis utang zona euro, yang sekarang telah memasuki tahun ketiga. 
Emas telah bergerak di kisaran antara $ 1630 dan $ 1660 sejak awal pekan lalu, dan rendahnya volume perdagangan memberikan isyarat tidak adanya konfiden dari investor. 

Para manager uang meningkatkan posisi beli bersih pada emas berjangka dan opsi AS dalam pekan yang berakhir 17 April ke 112.275 kontrak, dari 109.511 kontrak pada seminggu sebelumnya terendah dalam lebih dari tiga tahun terakhir. Pedagang emas di India, yang merupakan konsumen emas terbesar di dunia menjauh dari pembelian meskipun menjelang festival Tritiya Akshaya yg jatuh pada hari Selasa ini biasanya secara tradisional merupakan kunci pembelian pd emas. 
Lemahnya nilai tukar rupee membuat impor bullion menjadi lebih mahal."Reuters, 23/4/12"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar