Jumat, 01 Juni 2012


Emas akhiri Mei dengan penurunan bulanan keempat beruntun, terbesar paling dalam 12 tahun terakhir tetapi menyeselesaikan sesi perdagangan hari Kamis dengan peningkatan harian kecil karena mendalamnya krisis zona euro telah mendorong beberapa investor untuk beralih ke emas di tengah pencarian tempat yang aman dibandingkan aset berisiko. 

Pada hari Rabu lalu, emas naik $ 30 dalam reli teknis dramatis setelah memantul dari support teknis di $ 1530/oz. Meskipun Rebound itu, tapi selama bulan Mei masih mencatat kerugian sebesar 6 persen karena investor bullion telah melikuidasi posisi selama bulan tersebut di tengah aksi sell-off pada ekuitas dan komoditas. Pedagang mencatat bahwa emas telah mengungguli aset lainnya seperti saham dan minyak mentah, dan mengatakan bahwa emas sekarang mungkin telah siap untuk menjadi tempat yang aman lagi ditengah periode kekacauan zona euro dan kekhawatiran pelambatan ekonomi global.

"Sepertinya investor semakin menggunakan emas sebagai pergeseran alokasi jangka pendek untuk keamanan ketika ada yang benar-benar berantakan," kata Phillip Streible, broker komoditas senior pada perusahaan berjangka, RJ O'Brien. Emas untuk hari kedua mengungguli ekuitas dan komoditas setelah beberapa laporan mengisyaratkan pelemahan dalam sektor pekerjaan dan manufaktur AS. 

Data yang mengecewakan ini datang jelang laporan kunci hari jumat, nonfarm payrolls AS. Spot emas naik tipis 0,2 persen pada level $ 1564.30 per ounce pukul 02:30 WIB. Penurunan Bullion 6 persen pada bulan Mei tersebut menandai penurunan terbesar sejak sell off akhir Desember yang membuat bullion terhuyung di ambang bear market. Untuk Mei, emas mengungguli minyak mentah yang anjlok sekitar 15 persen dan cocok dengan penurunan index S & P 500 sekitar 6 persen. 

Pada grafik, emas pecah di bawah uptrend tiga tahun. Para analis mengatakan, bagaimanapun, logam mendapat support teknis di sekitar $ 1530 per ounce setelah jatuh mendekati level itu selama tiga kali dalam dua minggu. Kenaikan Gold disamping minyak mentah yang jatuh untuk hari kedua setelah Bank Sentral Eropa meningkatkan tekanan untuk jaminan bersama pada deposito bank di zona euro, mengatakan Eropa perlu alat-alat baru untuk melawan capital outflow perbankan. 

Emas berjangka Comex untuk pengiriman Agustus ditutup naik 80 sen di $ 1562.60 dengan volume perdagangan sebagian besar sejalan dengan norma 30 hari. 

New York, 31/05/2012 (Reuters) -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar