Selasa, 22 Juni 2010

Hang Seng Naik Tajam Atas Fleksibilitas Yuan - 21 June (21:54)

Hong Kong (DJ Newswires, 21 Juni) Saham-saham Hong Kong berakhir dengan kenaikan tajam pada perdagangan senin yang dimotori oleh gain secara meluas pada sektor perbankan China, developer dan penerbangan setelah China memutuskan untuk menaikan tingkat fleksibilitas mata uang yuan sehingga memicu harapan apresiasi mata uang China yang juga di kenal dengan renmimbi tersebut.

Bluechips index Hang Seng mencatat kenaikan 625.47 poin atau 3.1% pada posisi 20,912.18 dengan volume transaksi yang menjulang dari HK$55.58 M (jumat) menjadi HK$90.20 M.

Pasar saham HK mendapatkan keuntungan dari sejumlah besar asset yang berdenominasi yuan pada perusahaan-perusahaan China. Index Hang Seng naik untuk ke-9 kali dalam urutan, mengikuti gain pada bursa China, dimana index komposit Shanghai dan juga Shanzhen saham-saham naik sebesar 2.9%.

Sektor perbankan dan property China memimpin perolehan gain karena besarnya asset mereka yang berdenominasi yuan sehingga menarik minat para investor. CCB naik 5%, BoCom reli 6.3%, China Overseas Land & Investment lompat 5.2%.

Sementara penguatan yuan juga akan membantu perusahaan maskapai penerbangan China dalam meringankan utang yang berdenominasi mata uang asing. China Southern Airlines reli sebesar 6.5%.

"Keputusan PBOC untuk memperkuat fleksibilitas nilai tukar yuan membantu China dan saya kira hal ini akan memberikan pasar Hong Kong kenaikan lebih lanjut dalam waktu dekat", ujar Alvin Cheung, direktur asosiasi Prudential Brokerage.

Trader mengatakan indeks kemungkinan akan tes resistance di 21,000 dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar