Selasa, 05 Oktober 2010

Hanseng Berakhir Pada Tertinggi 10-Bln Ditopang Sektor Energi, Properti

Hong Kong (04/10/10) Saham-saham di Hong Kong lakukan lonjakan ke level tertinggi sejak 10 bulan terakhir pada perdagangan senin, dipimpin oleh perolehan gain sektor energi China dan properti lokal atas kuatnya data ekonomi dari PMI China yang memberikan keyakinan pada para investor bahwa ekonomi China tetap mengalami pertumbuhan yang tinggi.

Bluechips index Hang Seng berakhir naik 260.49 poin atau sebesar 1.2% pada posisi 22618.66, tertinggi sejak 19 Nove tahun lalu (22643). Tingkat volume perdagangan mencapai total HK$96.03 milyar, naik dari HK$85.95 milyar pada hari kamis lalu. Bursa HK tutup pada hari jumat lalu untuk merayakan hari nasional.

Analis mengatakan investor beralih lebih positif pada prospek pasar, setelah rilis data manufaktur China yang kuat untuk bulan lalu. Namun, mereka mengatakan indeks Hangseng mungkin akan menghadapi perlawanan yang kuat di 23.000 minggu ini karena kurangnya berita segar sementara bursa China tutup untuk liburan Hari Nasional sampai Jum'at depan.

Penguatan pada harga minyak jumat lalu mendorong kuatnya gain pada sektor energi China, termasuk Cnooc sebesar 4.9% dan PetroChina sebsear 5.5% dan Sinopec +1.2%. Minyak untuk pengiriman November naik ke tertinggi 7 pekan di US$81.10/bbl jumat lalu atas berlanjutnya penurunan mata uang dollar AS.

Sektor properti terdongkrak oleh tingginya penjualan proyek hunian dari SHK Properties dan Cheung Kong selama libur akhir pekan selama tiga hari lalu dengan total pendapatan hingga HK$11 milyar, dikutip dari the South China Morning Post pada senin pagi. Cheung Kong naik sebesar 1.0% dan SHK Properties gain sebesar 1.3%.

Francis Lun dari Fullbright Securities mengatakan bahwa, "selain dari kuatnya topangan pelemahan USD jumat lalu, antisipasi atas apresiasi yuan juga membantu masuknya aliran dana baru ke market HK baru-baru ini." Saham BOC HK yang mendapatkan keuntungan dari liberalisasi yuan, naik sebesar 2.4% setelah Morgan Stanley naikan target harga dari HK$25.20 menjadi HK$29.50. (Dow Jones

Tidak ada komentar:

Posting Komentar