Selasa, 05 Oktober 2010

Bernanke : Defisit AS Ancaman Nyata Dan Berkembang

Washington, 5/10 (ANTARA/AFP 5/10/10) - Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve Ben Bernanke menyerukan langkah cepat dan tegas mengendalikan defisit anggaran negaranya yang parah , memperingatkan kegagalan untuk bertindak bisa mengakibatkan krisis yang serius.

Peringatan bahwa defisit tahunan melonjak menyajikan sebuah "ancaman nyata dan berkembang" untuk ekonomi AS, Bernanke mengatakan kepada khalayak di Rhode Island , Selasa bahwa suatu hari perhitungan akan datang jika tindakan tidak diambil.

"Satu-satunya pertanyaan sebenarnya adalah apakah penyesuaian ini akan berlangsung melalui proses yang cermat dan musyawarah ... atau apakah yang diperlukan penyesuaian fiskal akan menjadi sebuah respon yang cepat dan menyakitkan untuk sebuah krisis fiskal aktual."

AS mengalami rekor defisit anggaran 1,47 triliun dolar dalam tahun keuangan yang berakhir pada September, pendapatan pajak minim dan pemerintah menghamburkan uang dana talangan ekonomi dan pengeluaran stimulus.

Bernanke menyarankan aturan fiskal baru dari Kongres dapat membantu menempatkan anggaran AS kembali tertib, tetapi hanya dengan dukungan politik yang berkelanjutan.

"Kedua pihak yakni Kongres saat ini dan masa depan dan Presiden Barack Obama harus membuat beberapa keputusan yang sangat sulit untuk menempatkan anggaran kembali pada lintasan yang berkelanjutan," kata dia kata.

Bernanke mengatakan sebuah reformasi kode pajak AS yang kompleks juga bisa membantu.

"Kebanyakan orang setuju bahwa kode pajak AS kurang efisien dan kurang adil apalagi, kode ini terlalu kompleks dan membebankan biaya administrasi dan kepatuhan berat," kata Bernanke.

"Pengumpulan pendapatan lebih efisien, rancangan sistem pajak lebih baik dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuat pencapaian kebijakan fiskal yang berkelanjutan setidaknya agak lebih mudah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar