Selasa, 14 September 2010

Emas stabil konsumen, investor sedikit abaikan sentimen positif

LONDON (Reuters, 13 September 2010) Harga emas cenderung stabil pada perdagangan Senin, sebagian mengabaikan sentimen positif investor yang didorong oleh beberapa aturan perbankan global, data China yang cukup menggembirakan dan reli di ase-aset yang berisiko.

Komoditi industri lainnya seperti minyak mentah, platinum, kumpulan logam dan tembaga seluruhnya diuntungkan dari persepsi bahwa outlook untuk pertumbuhan global sedikit cerah.

Perjanjian diantara regulator global terhadap aturan-aturan modal bank, dikenal dengan Basel III, yang mewajibkan sektor perbankan untuk menambah modal mereka 100 miliar euro dengan timeframe lebih lama dari perkiraan, mendongkrak saham-saham finansial.

Spot gold (XAU) pada posisi $1.245,75 per ons pada jam 21:45 wib, terhadap penutupan Jumat $1.245 di New York. Sebelumnya harga masih berada disekitar 1,5 persen dari all-time high yang dibukukan bulan Juni di posisi $1.264,90 ketika ketakutan investor kian memburuk.

Emas futures Desember AS naik $1,6 ons ke posisi $1.248,10.
Lingkurang-makro tidak berubah signifikan, akan tetapi data membaik, begitu juga perjanjian Basel III menambah beberapa kepastian terhadap masa depan sistem perbankan bahkan saat rasio modal ditambahkan hingga 3 kali lipat,kata Andrey Kryuchenkov, analyst VTB Capital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar