Senin, 27 September 2010

Wallstreet Capai Harga Tertinggi Selama Empat Bulan Terakhir

New York (Antara/AFP 24/9) � Pasar saham Amerika Serikat mencapai tingkat tertinggi mereka dalam empat bulan pada Jumat waktu setempat, karena data ekonomi bervariasi menawarkan para pedagang secercah harapan bahwa ekonomi Amerika menguat.

Rally, Jumat, yang memperlihatkan kenaikan indeks Dow Jones hampir dua persen, menutup keuntungan empat minggu berturut-turut karena sentimen positif terhadap ekonomi naik sementara kekhawatiran resesi ganda (double-dip) mereda.

Dow Jones Industrial Average melompat 197,84 poin atau 1,86% ke 10.860,26 pada penutupan perdagangan, sedangkan indeks S&P 500 yang lebih luas naik 23,84 poin atau 2,12% ke 1.148,67. Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 54,14 poin atau 2,33% menjadi 2.381,22 didukung kenaikan 6,88% di saham microchip, Advanced Micro Devices (AMD).

Sebuah rally awal yang kuat bertahan sepanjang hari setelah angka yang dikeluarkan sebelum bel pembukaan menunjukkan durable goods order menurun di Agustus pada tingkat lebih lambat dari yang diharapkan. Industri manufaktur dipandang sebagai salah satu mesin utama yang menarik ekonomi AS dari salah satu resesi terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Saham sedikit dipengaruhi oleh berita kurang positif bahwa penjualan rumah AS datar pada Agustus, mendekati terendah dalam sejarah. "Data telah bervariasi tetapi tidak semua buruk, sehingga orang sedikit lebih percaya diri," kata Dan Greenhaus, kepala ekonom strategi pada Miller Tabak.

Sebuah survei yang mengukur kepercayaan bisnis Jerman menunjukkan peningkatan mengejutkan pada tingkat yang terakhir terlihat pada pertengahan-2007, menunjukkan perlambatan diperkirakan tidak akan berarti kembali ke resesi di ekonomi terkemuka Eropa.

Di antara saham dalam fokus, saham Nike melonjak hampir 4% setelah laporan laba kuartalannya melebihi harapan dengan kenaikan laba bersih sembilan persen dan pendapatan naik delapan persen menjadi 5,18 miliar dolar. Saham raksasa telekomunikasi Motorola melonjak 3,58% setelah mengusulkan pemecahan nilai saham (stock split) untuk membangun harga saham sebelum pemisahan yang direncanakan perusahaan akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar