Senin, 27 September 2010

Nikkei 225 Naik Untuk Pertama Kali Sejak 4 Hari Terakhir

[Bloomberg 27/9] Saham-saham Jepang naik untuk pertama kalinya dalam empat hari perdagangan terakhir setelah permintaan terahdap barang-barang capital di AS menguat lebih dari prediksi sehingga menurunkan sedikit kekhwatiran bahwa pemulihan ekonomi terhuyung.

Canon Inc. mencatat kenaikan sebesar 1.7%, Komatsu menguat sebesar 0.9% dan Mitsubishi Corp. bertambah sebesar 1.7% dibelakang kenaikan harga baja dan minyak.

"Naiknya permintaan terhadap investasi modal ini memberikan pengaruh yang positif terhadap ekonomi secara flobal dimana ini menunjukan bahwa sektor swasta mulai kuat," kata Tomochika Kitoka dari Mizuho Securities di Tokyo.

Nikkei 225 naik 1.1% ke posisi 9577.80 pada pukul 9:36 pagi di Tokyo, sementara index Topix yang lebih luas beranjak +0.5% di 842.78.

Harga enam logam industri pada The London Metal Exchange Index termasuk tembaga dan aluminum menguat sebesar 0.7% pada jumat lalu ke level tertingginya sejak April, dan minyak mentah untuk pengiriman November gain 1.7% ke $76.49/bbl di New York, merupakan gain terberas harian sejak dua minggu terakhir.

"Ada kemungkinan bahwa BOJ akan bergerak selama pertemuan kebijakan bulan depan", yang akan mungkin membuat kelemahan untuk yen, ujar Hideyuki Ishiguro, ahli strategi dari Okasan Securities.

Catatan, pemerintah mungkin akan ikut campur dalam pasar mata uang minggu ini sebelum perusahaan tutup buku akhir bulan.

Tambahan, bila ada desas desus intervensi hari ini, spekulasi bisa mendorong Nikkei ke area level 9700.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar