Rabu, 29 September 2010

Obligasi Irlandia Tekan Bursa Eropa

LONDON LONDON [Bloomberg/Bisnis 28/9/10] : Bursa Eropa tertekan dipicu jatuhnya obligasi Irlandia dan Portugal. Kenyataan ini menimbulkan kekhawatiran bahwa krisis utang akan memburuk.

Penurunan ternyata juga dipengaruhi oleh dirilisnya laporan tingkat kepercayaan konsumen di AS yang jatuh ke level terendah dalam tujuh bulan terakhir.

Saham Michelin & Cie, produsen ban kedua terbesar di dunia, jatuh 10% setelah menyatakan akan meningkatkan nilai penawaran saham mereka sampai 1,2 miliar euro (US$1,6 miliar). Saham Bank of Ireland Plc jatuh 7,4%. Saham Akzo Nobel NV melemah 2,2% setelah dividen mereka tidak sesuai dengan estimasi analis.

Indeks acuan Eropa Stoxx 600 melemah 0,2% menjadi 262,36 pada pukul 16:30 waktu setempat. Namun tetap saja indeks acuan ini telah naik 4,4% bulan ini menyusul spekulasi investor bahwa program stimulus akan memulihkan kondisi ekonomi walaupun negara-negara Eropa memangkas pembelanjaan mereka.

Biaya jaminan gagal bayar atas utang pemerintah Irlandia melambung hari ini menyusul pernyataan Standard & Poorâ??s bahwa harga bail out dari Anglo Irish Bank Corp dapat melebihi US$47 miliar.

Bursa saham bereli hari ini setelah tiga narasumber terpercaya menyatakan bahwa bank sentral Eropa akan memebli surat utang pemerintah Irlandia setelah imbal hasil dari note berjangka dua tahun milik pemerintah Irlandia melambung ke level tertinggi setidaknya sejak 2003. Pembelian akan difokuskan pada surat berharga yang akan jatuh tempo lima tahun.

Penurunan indeks juga dipicu oleh dirilisnya indeks tingkat kepercayaan konsumen oleh Conference Board, lembaga peneliti swasta. Indeks melemah dari 53,2 menjadi 48,5. Estimasi median analis memprediksikan penurunan hanya akan menyentuh level 52,1.

Indeks acuan National pada 12 dari 18 bursa Eropa melemah. Indeks Prancis CAC 40 melemah tipis 0,1% sementara indeks Jerman DAX sedikit berubah. Indeks UK FTSE 100 menanjak 0,1%.

Saham Michelin jatuh 10% menjadi 58,6 euro, penurunan terbesar dalam 12 tahun terakhir. Produsen ban asal Prancis ini akan menawarkan saham mereka pada level 45 euro per saham dan para pemegang saham akan diperbolehkan membeli dua saham baru untuk setiap 11 saham.

Penjualan saham ini akan membantu Michelin membiayai pembelanjaan modal mereka sebesar 1,6 miliar euro pada 2011 dibandingkan dengan angka pembelajaan modal mereka di tahun ini yang hanya mencapai 1 miliar euro.

Saham Bank of Ireland Plc anjlok 7,4% menjadi 53,5 euro sen. Indeks acuan bank melemah 1%, menjadikan sektor perbankan sebagai sektor dengan kinerja kedua terburuk diantara 19 kelompok industri yang menopang indeks Stoxx 600.

Saham UPM-Kymmene Oyj, produsen kertas kedua terbesar di Eropa, bereli 5% menjadi 12,49 euro menyusul pernyataan mereka bahwa mereka sedang bernegosiasi untuk mengakuisisi rival utama mereka, Myllykoski Oyj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar