Selasa, 21 September 2010

Defisit Anggaran Portugal Membengkak

MADRID [Bloomberg/Bisnis 21/9] : Defisit anggaran Pemerintah Portugal membengkak selama 8 bulan pertama pada tahun ini hingga mencapai US$12 miliar (9,19 miliar euro) dari 8,74 miliar euro pada periode yang sama tahun lalu.

Kementerian Keuangan Portugal mencatat penerimaan pajak meningkat 3,3%, sedangkan belanja naik sebesar 2,7%. Pemerintah Portugal menargetkan defisit anggaran turun hingga ke level 7,3% dari produk domestik bruto (PDB) pada 2010 dari tahun lalu sebesar 9,3%.

Defisit anggaran terbesar keempat di kawasan euro, setelah Irlandia, Yunani dan Spanyol. Pemerintah setempat telah berkomitmen untuk memenuhi batasan maksimal defisit Uni Eropa 3% pada 2012.

Sebelumnya dilaporkan, selain keempat negara itu, hampir semua negara di Eropa, khususnya pengguna euro, menghadapi masalah defisit, sehingga ada kesepakatan memangkas defisit, meskipun di tentang sejumlah ekonom karena menghambat proses pemulihan ekonomi.

Jean-Claude Trichet, Presiden European Central Bank, menegaskan pengurangan defisit anggaran dapat mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perbaikan kepercayaan konsumen dan kalangan investor.

Pemerintah Jerman dan Inggris siap merancang pengurangan defisit anggaran hingga 40% untuk periode 2010-2014 sebagai bagian dari upaya konsolidasi fiskal. Total defisit anggaran diperkirakan menyentuh 218,5 miliar euro untuk 2010 hingga 2014.

Kebijakan yang sama juga diberlakukan Inggris. Belum lama ini, Menteri Transportasi Inggris Philip Hammond mengungkapkan Departemen Keuangan Inggris memerintahkan mayoritas para menteri membuat skenario pengurangan defisit sebesar 25% dan 40% selama 4 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar