Rabu, 29 September 2010

Wallstreet Tambah Gain; Terfluktuasi Karena Reli Walgreen Membayangi Penurunan Kepercayaan

Pasar saham AS menguat pada perdagangan selasa, memangkas hampir semua kerugian yang diderita pada awal pekan setelah terdukung oleh saham Walgreen Co. yang memimpin reli pada sektor orientasi konsumen dan sektor kesehatan serta atas spekulasi dari para investor bahwa the Fed akan lakukan pembelian surat hutang pemerintah/obligasi lebih banyak lagi untuk tetap menggairahkan ekonomi.

Walgreen, rantai toko farmasi terbesar di AS, naik setidaknya 11% pasca pendapatannya mengalahkan estimasi. Pfizer dan Johnson & Johnson memimpin pada sektor kesehatan pasca Pengadilan Tinggi menyetujui permohonan dengar pendapat dari perusahaan-perusahaan pharmasi untuk memblokir program diskon obat dari ribuan rumah sakit swasta.

Index Dow Jones berakhir dengan kenaikan sebesar 46.10 poin atau 0.4% ke posisi 10858.14 dan index S&P 500 tambah gain sebesar 0.5% ke posisi 1147.70 pada pukul 4 sore di New York setelah terjatuh sedalamnya 0.9%.

"Investor mulai merasa nyaman untuk mengambil resiko karena tampaknya the Fed bertujuan untuk menambah tingkat inflasi." ungkap Eric Green dari Penn Capital Management. "Bila perekonomian tidak bertambah baik, sebagian mempercayai bahwa Fed akan menambah stimulusnya dengan melakukan pembelian. Bila ini berjalan baik, maka akan baik juga untuk pergerakan saham." tambahnya.

Lebih tingginya penurunan pada tingkat consumer confidence memngakitkan spekulasi terhadap pelonggaran moneter secara kuantitatif. Index consumer confidence turun ke level 48.5, lebih rendah dibandingkan perkiraan sebesar 53.2 di bulan sebelumnya. Sementara estimasi yang di survey oleh Bloomberg News adalah pada penurunan 52.1.

The Fed pada hasil rapat tanggal 21 September lalu mengumumkan untuk lebih siap dalam melakukan stimulus ekonomi dan membangkitkan inflasi yang masih relatif rendah saat ini dengan melakukan pembelian-pembelian surat hutang pemerintah. Hari ini bank sentral melakukan pembelian $550 juta sekuritas proteksi inflasi sebagai bagian dari program tersebut.

Walgreen reli 11% ke $33.81 setelah laporan pendapatan kuartal keempatnya naik 53 sen per saham, tak termasuk biaya terkait akuisisnya untuk Duane Reade, mengalahkan estimas sebesar 44 sen per saham dari Bloomberg. Sementara pesaingnya, CVS Caremark juga menguat 2.7% ke $31.45.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar