Selasa, 21 September 2010

Obama Janji Jaga Tekanan Ekonomi pada China

Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin berjanji untuk menjaga tekanan pada Beijing tentang mata uang dan perdagangan, mengatakan hubungan ekonomi antara Amerika Serikat dan China harus berjalan "dua arah."

Pemerintahan Obama menyatakan bahwa Beijing menjaga mata uangnya artifisial rendah terhadap dolar membuat ekspornya lebih kompetitif, dan telah menjadi semakin terang-terangan tentang sengketa.

Obama, yang dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri China Wen Jiabao di New York pada Kamis, mengatakan bahwa Beijing telah mencatat bahwa perubahan perlu dibuat "dalam teori" namun belum memenuhi "sesungguhnya".

"Kita akan terus bersikeras pada masalah ini, dan pada semua masalah perdagangan antara kami dan China, bahwa itu haru berjalan dua arah," kata Obama dalam sebuah pertemuan CNBC tentang isu-isu ekonomi.

"Ini harus adil, hubungan perdagangan kita harus adil. Anda tidak dapat hanya menjual kepada kami dan kami tidak dapat menjual kepada Anda."

"Kita akan menegakkan hukum perdagangan kita jauh lebih efektif daripada yang kita miliki di masa lalu ... Saya hanya ingin membuat perdagangan ini yakin baik untuk bisnis Amerika dan pekerja Amerika."(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar